Garansi Harga Termurah

Whatsapp

0813-3253-9707

Telepon

0813-3253-9707

Lokasi

Kota Nganjuk

7 Cara Membuat Septic Tank yang baik

Cara Membuat Septic Tank yang baik berdasarkan daya tampung penghuni rumah, misalnya kita ambil ukuran jumlah keluarga dalam rumah sesuai program pemerintah yaitu sekitar 4 orang terdiri dari 2 orang tua dan 2 anak. Nah berikut ini cara menghitung kapasitas septic tank di rumah anda.

Cara Membuat Septic Tank yang baik

Menghitung Kebutuhan Air

Walaupun yang menginap hanya 4 orang, anda juga harus menghitung jika sewaktu-waktu ada kerabat yang datang dari jauh dan menginap. Apalagi yang datang adalah keluarga besar, jadi tetap harus dihitung, untuk antisipasi,  untuk 4 orang + 12 orang yang mungkin tinggal di rumah atau sekedar berkunjung, jadi kami buat untuk 16 orang. Menurut standar pemakaian air per orang per hari membutuhkan sekitar 25 liter, dan membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk terurai.

Jadi perhitungannya yaitu 16 x 25 x 3 = 1200 liter

Tinggi desain tangki septik = 2,5 M

Ketinggian air 2/3 x 2,5 = 1,7 M

(Septitank harus memiliki ruang udara sekitar 1/3 bagian dari tinggi keseluruhan septitank)

Menghitung Dasar Septic Tank:

Luas = volume atau ketinggian air = 1,2/1,7 = 0,7 M2. Setelah itu, anda dapat menghitung panjang dan lebar keseluruhan tangki septik. Selanjutnya anda asumsikan panjangnya 1 M dan Lebarnya 0,7. Jadi jumlah seluruhnya adalah:

P = 1 M

L = 0,7 M

T = 2,5 M

Tangki septik yang baik dan benar

Seperti yang telah kami ulas di artikel sebelumnya, ada beberapa pedoman yang harus kami ikuti. Septic tank dibuat dengan melihat lokasi sumur kami, sumur gali dan sumur bor yang berjarak sekitar 10 meter dari sumur anda dan sumur tetangga agar air resapan tidak mengganggu air sumur.

Agar septic tank bertahan lama, saluran pembuangan harus dialirkan melalui saluran pembuangan rumah atau jika tidak ada saluran pembuangan, harus dibuat sumur resapan tersendiri dan tidak tercampur dengan septic tank.

Sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga agar bakteri tetap hidup, sehingga septic tank harus berventilasi udara dan tidak tertutup rapat. Sekarang kita sudah tahu cara membuat septic tank, jadi kita tidak lagi membuat septic tank asal-asalan dan akhirnya harus mengeluarkan uang lebih untuk menguras wc kita.

Wc merupakan bagian rumah yang sangat penting. Wc dirancang dengan saluran pembuangan yang terhubung dengan reservoir atau tangki septik. Waduk memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga dapat menahan kotoran dan air dalam waktu yang lama. Namun jika suatu saat ada masalah seperti WC mampet maka diperlukan cara mengatasi WC mampet agar bisa digunakan kembali secara normal.

Proses membangun septic tank harus dilakukan sejak awal rumah dibangun. Perhitungan jarak sangat penting agar nantinya tidak terjadi masalah seperti kebocoran. Dan yang sangat penting adalah menjaga agar septic tank tidak cepat penuh karena jika sudah penuh harus di vacuum yang menghabiskan banyak biaya. Oleh karena itu proses desain harus diperhatikan sejak awal. Agar tidak salah langkah, Anda bisa mengikuti cara membuat septic tank agar tidak cepat penuh dan anti bocor, sebagai berikut.

Sudut Pipa dan Posisi Lereng

Hal pertama yang harus dipikirkan saat membangun septic tank adalah posisi sudut dan kemiringan pipa. Posisi pipa harus dibuat dengan perbedaan yang benar antara posisi pipa pembuangan dan ketinggian wc. Dimana selisihnya dibuat minimal sekitar 3 persen. Atau dapat dihitung bahwa setiap 100 cm terdapat selisih tinggi 3 cm.

Dengan perbedaan tersebut, septic tank akan mampu menampung kotoran dan air dengan baik. Bahkan bisa melancarkan aliran air dan kotoran mulai dari lubang pembuangan wc hingga septic tank. Dan ini juga penting untuk mencegah bau wc karena kotoran berhenti di tengah pipa. Jika sudah melakukan langkah ini maka tidak perlu lagi melakukan cara mengatasi bau septic tankcara mengatasi bau septic tank.

Perhatikan Jenis Dan Ukuran Pipa

Ukuran pipa yang paling sesuai adalah jenis pipa 4 inch. Jika rumah Anda besar dan memiliki beberapa jamban maka jenis ukuran pipa yang digunakan adalah mu yang digunakan maka kotoran akan lancar dan kemungkinan tidak akan tersumbat sehingga septic tank tidak cepat penuh. Posisi pipa ke arah septic tank seharusnya juga harus lurus dan tidak berbelok. Langkah ini juga mencegah agar septic tank tidak penuh dengan udara sementara kotoran menyumbat pipa.

Pertimbangan Ukuran dan Kapasitas

Kapasitas dan ukuran harus dimulai sejak awal, sehingga tidak salah langkah dalam proses pembuatannya. Kemudian untuk ukuran tinggi deposit bisa dibuat dengan ukuran 1 m x 1,5 m x 2 m. Jadi bisa dikatakan jika banyak orang dalam rumah tersebut maka kapasitas septic tank juga harus dibuat lebih besar.

Bahan Septic Tank

Salah satu Kriteria rumah sehat adalah dengan fasilitas kebersihan yang baik seperti harus ada fasilitas MCK. Karena itu septic tank WC dibuat dengan bahan berkualitas dan bahan yang tahan lama tidak mudah korosi karena terkena kotoran dan udara terus menerus. Bahkan bak septic tank juga harus tahan terhadap tekanan udara. Kotoran dan bakteri bisa menyebar ke tanah sehingga bisa mencemari udara di sekitarnya. Jadi pilih bahan yang benar-benar sesuai dengan jenis septic tank Anda.

Septic Tank Penampung dan Penyerap

Dengan membuat dua saluran pembuangan yang berbeda merupakan salah satu langkah agar septic tank tidak mudah penuh. Dijamin dengan rancangan septic tank ini akan bertahan lebih lama dan tidak perlu WC lagi. Jadi satu lubang dibuat untuk menampung kotoran dan udara, sementara lubang yang digunakan untuk penyerapan. Jadi, penyerapan yang bekerja untuk membuang aliran sampah tanpa lingkungan. Sisa pembuangan biasanya akan keluar dalam bentuk gas sehingga sangat aman untuk lingkungan rumah dan udara tanah.

 

Tips Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh

Cara pertama yang sangat mudah yaitu dengan tidak memasukkan benda asing ke dalam WC. Jangan terbiasa membuang sampah seperti bekas pembalut, kain, plastik, kertas dan bahan lain yang tidak mudah larut. Selain membuat septic tank cepat penuh maka semua benda-benda justru akan menyumbat saluran sehingga WC mampet.

Jika Anda sedang menghindari berbagai jenis cairan pembersih WC yang mengandung banyak bahan kimia. Gunakan saja bahan bakteri alami yang bisa menguraikan kotoran dan menjaga kebersihan saluran pipa ke septic tank. Bahan kimia yang masuk ke dalam WC bisa mematikan bakteri baik sehingga kotoran tidak terurai dan cepat penuh.

Gunakan udara secukupnya: Misalnya masukkan banyak air ke dalam WC juga sangat tidak disarankan. Anda menggunakan secukupnya sampai kotoran tidak terlihat dan WC bersih. Udara yang masuk terlalu banyak dapat menyebabkan septic tank berisi udara sehingga akan naik ke atas melewati pipa ke arah WC. Dan tentunya menyebabkan bau yang tidak sedap.

Ternyata beberapa cara membuat septic tank agar tidak cepat penuhcara membuat septic tank agar tidak cepat penuh dan anti bocor. Karena septic tank harus dibuat dengan cara yang benar-benar menjadi rumah dan tidak perlu renovasi rumah yang bisa menghabiskan banyak biaya.

Demikian penjelasan dari saya tentang Cara Membuat Septic Tank yang baik dan benar semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.