Garansi Harga Termurah

Whatsapp

0813-3253-9707

Telepon

0813-3253-9707

Lokasi

Kota Nganjuk

Cara Mengganti Closet Jongkok dengan Closet Duduk

Cara mengganti closet jongkok dengan closet duduk ternyata tak begitu sulit. Anda bahkan dapat mengerjakan sendiri tanpa perlu memanggil tukang untuk melakukan pemasangan.

Closet duduk merupakan pilihan tepat bagi Anda yang memiliki orang tua sepuh. Demi menjamin kenyamanan mereka saat di kamar mandi, Anda bisa memasang toilet dengan dudukan. Sehingga, tak perlu lelah berjongkok lama dan menyebabkan sakit sendi.

Pemasangan wc duduk tentu berbeda dengan yang jongkok karena ada komponen lain yang perlu dipasang untuk memaksimalkan fungsinya. Simak informasi di sini untuk tahu lebih lanjut.

Cara mengganti closet jongkok dengan closet duduk

Closet duduk sudah lama ada di Eropa dan lebih dikenal dengan nama toilet flush karena penyiraman dilakukan dengan menekan flush button tangki berisi air berkekuatan tinggi.

Melansir dari The British Association of Urology Surgeon, seorang bernama Thomas Crapper membuat toilet flush duduk pada 1860-an yang terlihat lebih baik daripada versi sebelumnya.

Berangkat dari penemuan ini, closet duduk dikembangkan dan menghadirkan beberapa tipe diantaranya monoblok, duo blok, dan wall hung toilet. Setiap tipe memiliki kelebihan masing-masing.

Cara mengganti kloset jongkok

Proses ganti kloset dari jongkok ke duduk cukup menantang, apalagi bagi Anda pemula. Kesalahan pasang bisa memicu risiko rembes, bocor, dan rusak ketika toilet digunakan.

Oleh karena itu, pemula wajib meningkatkan ketelitian saat proses pasang agar closet berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan dini. Simak tahapannya di bawah.

Langkah pertama mengganti kloset adalah melepas pemasangan kloset lama. Anda mungkin perlu membobok keramik di sekitar wc jongkok untuk memudahkan pengerjaan.

Namun, jika rumah masih tahap pembangunan, buatlah septic tank dulu untuk menampung kotoran. Simak tahapannya di bawah.

Membangun tangki pembuangan kotoran

Septic tank berguna untuk menampung dan mengelola kotoran. Oleh karena itu, sebelum menempatkan kloset Anda harus membangun dulu tangki pembuangan. Selanjutnya, baru menghubungkan kloset dan septic tank menggunakan pipa-pipa.

Pembuatan septic tank dilakukan selama 7 hari mulai dari proses penggalian, pemasangan sekat dan dinding serta pemasangan pipa sambungan sesuai kemiringan tertentu.

Tipe tangki pembuangan disesuaikan dengan kebutuhan misalnya dua ruang atau tiga ruang. Apabila septic tank sudah jadi, mari beralih ke cara selanjutnya.

Memasang pipa ke saluran pembuangan

Pemasangan pipa bertujuan agar kotoran dari kloset bisa masuk ke tangki pembuangan. Demi memudahkan proses maka dipasangkan beberapa pipa penghubung dengan ukuran tertentu.

Saluran pipa yang digunakan adalah PVC dengan ukuran 4 inci. Sementara, pipa untuk menyalurkan air biasanya membutuhkan ukuran setengah inci.  Anda wajib memerhatikan jarak lubang dengan dinding saat memasang.

Pasang keramik untuk menempatkan kloset

Cara mengganti kloset duduk berikutnya membuat lubang untuk saluran pipa dan memasang keramik di sekitar lubang. Jika Anda ingin meninggikan posisi kloset bisa menambahkan bata yang diplaster semen.

Persiapkan peralatan

Peralatan untuk memasang kloset yang perlu disiapkan adalah obeng plus dan minus, tang, bor listrik, gergaji, meteran untuk mengukur, dynabolt, kunci 10 dan 12, lem silikon, dan kunci pipa.

Buka kardus closet dan pahami isi buku panduan

Tahap berikutnya adalah pemasangan kloset. Setelah membuka kardus perhatikan apakah ada buku panduan yang diselipkan. Kemudian, baca saksama dan pahami agar memudahkan proses pasang. Di dalamnya, terdapat pula hal yang dilarang saat pemasangan.

Mulailah mengukur dan memasang baut

Gunakan meteran untuk mengukur jarak kloset dengan lubang kunci lalu bor titik tersebut. Selanjutnya pasangkan baut di kedua titik. Anda bisa mengencangkan menggunakan kunci 12 kemudian lepaskan mur.

Pasangkan peralatan penunjang closet duduk

Perbedaan cara ganti kloset jongkok ke duduk ada pada komponen penunjang. WC duduk memiliki shower jet, push botton, stop kran, flexible hose yang harus dipasang di bagian belakang atau atas. Anda harus menggunakan kunci inggris untuk mengencangkan baut.

Langkah berikutnya memasang wax ring. Fungsi komponen ini untuk mencegah bau muncul dan cipratan air dari lubang kloset. Pemasangannya ditempatkan di bagian bawah.

Anda harus membalik posisi kloset untuk memasang wax ring, pastikan komponen ini sudah menempel dengan benar.

Tempatkan closet di lubang

Pasangkan kloset di lubang pipa yang sudah dibuat di awal. Pastikan agar posisinya presisi agar kotoran tidak merembes ke lantai. Pasangkan baut dan mur dan kencangkan dengan kunci pipa.

Jika sudah terpasang sempurna, kini saatnya memasang komponen pelengkap. Termasuk rubber tank dan flexible hose. 

Fungsi rubber tank pada kloset duduk yaitu mengganjal beban tank trim sehingga meminimalisir kebocoran. Bentuknya bulat seperti cincin.

Sementara fungsi flexible hose yaitu sebagai saluran pengalir air ke tangki kloset. Lapisan luarnya dilapisi alumunium. Nantinya selang akan disambungkan ke stop valve. 

Tambahkan penutup kloset

Tahap terakhir menambahkan penutup kloset dan cek kembali komponen yang sudah terpasang. Periksa apakah ada bagian yang kurang kencang atau belum sempurna demi meminimalkan masalah ketika sudah dipakai.

Cara mengganti wc jongkok ke wc duduk, apa hal yang perlu diperhatikan?

Pasca pemasangan perhatikan fungsi wc, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Hal yang perlu diperhatikan adalah periksa tempat lubang apakah sudah pas atau belum dan apakah sudah nyaman ketika dipakai duduk.

Paling utama adalah fungsi kloset seperti flush dan lainnya. Jika diketahui sejak awal, maka Anda bisa melakukan perbaikan. Apabila tidak yakin mengerjakan sendiri, pertimbangkan menggunakan jasa pasang wc agar hasilnya memuaskan.

Perbandingan closet duduk dan jongkok untuk rumah tinggal

WC jongkok lebih dulu digunakan oleh masyarakat. Keunggulan yang ditawarkan meliputi, lebih higienis, harga terjangkau, dan pemasangan cukup simpel. Namun, kloset jongkok tak cocok untuk orang dengan obesitas karena menyulitkan saat jongkok.

Oleh karena itu, kehadiran kloset duduk bisa dikatakan sebagai solusi karena dapat digunakan oleh orang dengan berbagai postur tubuh. Selain itu, cocok bagi Anda yang ingin kamar mandi terlihat kekinian.

Mengapa ganti kloset jongkok ke duduk?

Alasan lain kenapa kloset duduk kini digandrungi masyarakat adalah nyaman ketika digunakan dan cocok untuk semua penghuni rumah.

Jika Anda seorang pekerja yang lelah, tentu akan menguntungkan memiliki kloset duduk karena nggak perlu capek berjongkok di kamar mandi.

Sementara bagi pemilik rumah yang memiliki anak, Anda bisa mengajarkan mereka potty training. Selain kegunaan, dari segini visual juga lebih tampak modern, bersih, dan rapi.

FAQ

Berapa inci paralon untuk kloset duduk?

Ukuran pipa PVC untuk membuat saluran lubang wc umumnya memakai pipa 4 inci.

 

Apakah closet duduk harus pakai tandon?

Sebaiknya, kloset duduk memiliki tandon  air untuk memudahkan proses pengisian di bak. Sehingga saat menyiram, air bertekanan tinggi mudah keluar.

Keyword turunan:

cara ganti kloset jongkok ke duduk

cara mengganti wc jongkok ke wc duduk

Meta deskripsi: Cara mengganti closet jongkok dengan closet duduk dilakukan dengan hati-hati agar tak merembes. Klik untuk tahu informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.